Kamis, 10 November 2011

Search Engine Optimization (SEO) On Page

SEO On Page adalah tehnik melakukan optimasi sebuah website dimana semua metode yang dipergunakan, masih berada di dalam website itu sendiri. Artinya, kita melakukan SEO pada faktor-faktor yang ada pada situs kita, baik blog atau pun website. SEO On Page Terdiri dari:

1. Memilih Keyword (Kata Kunci)

Sudah pernah saya bahas mengenai pentingnya dan bagaimana menentukan kata kunci yang tepat untuk situs Anda, yaitu dengan menggunakan Google pada postingan saya yang berjudul "Google: Alat analisa keyword yang bagus". Silahkan baca postingan tersebut untuk lebih jelasnya.

2. Nama Domain Yang Tepat

Nama domain ini memang memberikan pengaruh yang powerfull di Search Engine. Ini serius!Karena saat menelusuri hasil pencarian, Search Engine akan menelusuri URL yang sesuai terlebih dahulu. Contohnya ketikkan kata kunci “tips trik blogging” di Google, pada hasil pencarian halaman pertama, lihatlah URLnya, kebanyakan mengandung kata tips, trik, dan yang berhubungan dengan “tips trik blogging” bukan? Itulah kekuatan dari nama domain yang tepat. Jadi jika situs Anda membahas tentang tips blogging akan sangat baik jika alamat situsnya: tipsblogging.com . Kebetulan saat artikel ini ditulis, belum saya temukan situs yang domainnya tipsblogging.com . O iya, akan lebih bagus jika menggunakan domain berbayar dari pada gratisan (dan yang terbaik berakhiran .com)

3. Title Tag Juga Berpengaruh Besar

Hal kedua yang perlu Anda tahu untuk meningkatkan posisi di Search Engine adalah Title tag. Apa itu Title tag? Coba buka Home Page Blog ini, lalu lihat pada Tab Browser atau bagian paling atas Browser, tertulis “” Blogmamet.com| Tips Blogging|Tips SEO…. Blogmamet.com adalah nama blog ini dan disamping tanda | itu adalah title Tag. Jika anda mengerti cara menggunakan 'title' pada website anda dengan baik, maka 1 teknik ini saja, dapat meningkatkan ranking anda di search engine secara signifikan. Saya pernah membuktikannya waktu memberi title tag “Tips Trik Blogging” untuk blog ini. Dan hasilnya saya berada pada halaman pertama Google urutan ke enam untuk kata kunci “Tips Trick Blogging”, walaupun setelah itu blog saya langsung menghilang entah karena kurang optimasi atau penyebab lain, karena hal ini pun tidak saya sadari.

Bagaimana cara membuat Title Tags? Lihat postingan saya mengenai "Optimasi Title Tag"

4. Penggunaan Meta Description Dan Meta Keywords Yang Baik

Mengenai hal ini sudah pernah saya bahas di postingan saya tentang Meta tags: Elemen SEO yang sangat penting.

5. Penggunaan Alt Tags pada Image di Halaman situs

Sudah saya bahas pada Mengoptimalkan gambar untuk memperoleh traffic.

6. SEO pada penulisan postingan

Terdiri dari:


a). Penggunaan Huruf Besar, Huruf Miring, “Tanda Kutip” pada kata kunci utama

Ini merupakan teknik yang cukup simple, namun jangan berlebihan dalam menggunakannya, cukup sekali saja untuk kata kunci yang Anda incar.

b). Gunakan kata kunci di awal paragraf atau di akhir dari paragraph terakhir.
Usahakan melakukannya dengan tetap menjaga sinkronisasi isi postingan Anda (Tulisan tetap nyambung, tidak berbelit-belit, dan tetap mengutamakan kenyamanan pembaca).

c). Gunakan Anchor Text yang tepat pada Link
Ini bisa Anda gunakan saat membuat interlinking, selengkapnya lihat pada postingan Pentingnya Interlinking Untuk Blog.

Hal-hal diatas tentunya tidak akan berarti tanpa praktek dan pengembangan dari Anda sendiri. Teori SEO itu sebenarnya sedikit dan simple, namun pengembangan dan skill para Master SEOnya sendirilah yang membuatnya berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar